Untuk
kali ini saya diberi tugas softskill untuk menceritakan tentang sebuah software
desain grafik, sesuai dengan materi softskillnya yaitu desain pemodelan grafik.
Sebelum masuk ke software desain grafik, saya akan menjelaskan terlebih dahulu
pengertian dari desain grafik itu sendiri. Desain grafik merupakan rancangan
untuk membentuk suatu pola objek yang kita inginkan untuk dijadikan sebuah
informasi yang bermanfaat. Objek itu sendiri bisa berupa gambar, tulisan,
simbol dan sebagainya.
Selanjutnya,
saya akan membahas tentang software desain grafik. Banyak sekali software dari
desain grafik itu yang dibuat oleh orang maupun sekelompok orang. Berbagai
jenis software yang dibuat untuk dipergunakan oleh user atau pemakai, mulai
dari software yang digunakan untuk objek 3D, 2D dan sebagainya. Masuk ke
software desain grafiknya, disini saya akan membahas tentang software desain
grafik yaitu blender.
Blender merupakan
aplikasi open source untuk membuat desain grafik 3D maupun 2D. Aplikasi blender
ini sendiri sangat banyak pemodelannya, texturing, lighting(pencahayaan),
animasi dan pengolahan video. Aplikasi blender sangan banyak digunakan juga
didunia untuk kebutuhan animasi film. Di Indonesian sendiri ada film yang
dibuat dari aplikasi blender ini salah saunya yaitu animasi film Sopo dan Jarwo
yang sering ditayankan di televisi swasta. Didalam aplikasi ini kita bisa
membuat objek yang akan kita inginkan seperti objek nyata walaupun hanya 3D nya
saja. Banyak fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi blender ini diantaranya :
-
Dynamic Topology Sculpting, sebuah cara mengukir baru
yang membagi mesh sesuai kebutuhan.
-
UI and Usability, menampilkan "Retina" yang didukung
oleh MacBook. Skala DPI yang tepat
dalam semua editor, membuat wilayah menjadi transparan dengan resolusi tinggi. Cara baru untuk
menambahkan sesi baru copy dan paste dalam objek 3D.
-
Mesh Modeling,
Alat Bevel mendukung simpul bevelling individu di samping tepi sekarang, dengan
satu atau lebih segmen.
-
Modifiers, mengubah
mesh menjadi cache sehingga dapat menerapkan animasi dari file eksternal ke
mesh, pengubah UV baru Warp dapat memutar, skala dan menerjemahkan peta UV pada
jala menggunakan benda atau tulang, dan pengubah mulus Laplacian sekarang
mendukung peningkatan bentuk.
-
Particle Fluid
Dynamics, Sebuah partikel baru pemecah cairan yang dirancang untuk hasil
yang lebih akurat secara fisik.
-
Rigid Body
Simulation, simulasi yang diintegrasikan ke dalam sistem editor dan
animasi, yang membuat simulasi tubuh menjadi kaku.
-
Cycles Render, preview
shader secara realtime di viewport yaitu setiap kali kita melakukan
perubahan pada material atau shader, maupun pada pencahayaan tidak memerlukan
F12 dalam melakukan render
-
Image
Transparency, efek tembus pandang sehingga cahaya dapat tembus melalui
objek tersebut.
-
Collada, didukung
dengan bentuk impor dan ekspor objek untuk animasi dan pengubah armature dibuat lebih stabil, sesuai
orientasi sumbu dan skala.
-
UV Editing, suatu proses pemodelan 3D
membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D. Peta mengubah objek 3D ke gambar dikenal
sebagai tekstur. Berbeda dengan “X”, “Y” dan “Z”, yang merupakan koordinat
untuk objek 3D asli dalam ruang modeling, “U” dan “V” adalah koordinat obyek
yang berubah. Hal ini menciptakan efek lukisan gambar ke permukaan objek 3D
-
Baking, mendefinisikan berapa banyak sinar akan digunakan untuk menentukan pencahayaan setiap
piksel tunggal pada tekstur menghasilkan sinar yang lebih akurat.
-
Texture Painting,
tekstur lukisan yang mendukung
pemetaan lantai dan melihat pada mode 2D secara baik
dan proyektif.
-
Weight Painting, membuat gradasi warna pada objek yang telah dinonaktifkan seleksi
batas objeknya.
-
Compositing
Translate Node, menerjemahkan node simpul yang memiliki
pilihan baru untuk mengulang pixel, sehingga tidak berujung dalam
menerjemahkan node yang bekerja untuk sumbu X, sumbu Y atau kedua sumbu
tersebut.
-
Text
Editor, terdapat fitur Ctrl+Spacebar,
menggunakan sederhana "kamus
berbasis" menseleksi serta mencocokan kata-kata yang ada yang digunakan dalam dokumen.
Dalam
aplikasi blender ini ada beberapa kelebihannya. Diantara kelebihan tersebut ada
kelebihan yang saya katakan sebelumnya sepeti aplikasi blender ini merupakan
aplikasi yang open source dimana open source ini sendiri dapat diartikan dimana
kita bebeas untuk memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun
komersial, asal tidak melanggar lisensi yang ada pada aplikasi blender ini
tersendiri. Lalu kelebihannya lagi itu sebagai aplikasi Multi Platform dimasa
blender ini tersedia untuk berbagai macam sistem operasi. Dan masih ada lagi
kelebihan dalam aplikasi blender ini yaitu free, lengkap fitur 3D maupun
2D-nya, update(bisa dikembangkan oleh siappun), ringn dalam menjalankan
aplikasinya dan masih banyak lagi. Mungkin hanya sedikit saja yang saya bisa
jelaskan dari software Blender ini. Semoga bermanfaat untuk pembacanya, jika
ada kata-kata yang salah atau kurang berkenan mohon maaf. Sekian dan
terimakasih.
Sumber :
Wartmann,
Carsten, Panduan Lengkap Menggunakan
Blender, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2004.
Tanggal Akses : 11 April 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar